Saturday, 01 November 2014
 
  TWITTER KITA arrow A R S I P arrow Arsip Berita arrow Usia Bukan Halangan (Wisudawan S2 Universitas Terbuka)
 
Hari Ini
Sabtu, 01 November 2014 || 8 Muharram 1436 Hijriah
TWITTER KITA
BERITA KITA
BERBAGAI MEDIA
A R S I P
Buku Tamu
Video Pendidikan
DOWNLOAD
Tulisan Terpopular
Pengunjung Online
Saat ini ada 17 tamu online
PENGUNJUNG WEBSITE INI
mod_vvisit_counterHari Ini70
mod_vvisit_counterKemarin726
mod_vvisit_counterMinggu Ini3656
mod_vvisit_counterBulan Ini70
Total Pengunjung Sejak 17 Maret 2008
Pengunjung: 554189
-----Ibadah Qurban merupakan ibadah ilahiyah dan ibadah sosial------ -----Persiapkan pendidikan Anak dengan Asuransi Pendidikan------ -----Selamat kepada Presiden Terpilih RI, realisasikan janji-janjimu------- -----Isi liburan Sekolahmu Dengan Kegiatan dan Wisata yang bermanfaat------- ----- Hari Kesaktian Pancasia dan Hari ABRI dibulan Oktober----- \


Advertisement
Usia Bukan Halangan (Wisudawan S2 Universitas Terbuka)
Diantara ribuan wisudawan yang hadir pada saat upacara wisuda Universitas Terbuka (UT) yang diselenggarakan Selasa, 2 Juni 2009 di UT Pusat, Pondok Cabe, Tangerang, terdapat seseorang yang istimewa. Amri Darwis, wisudawan Program Pascasarjana (S2) Magister Manajemen Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) UT Jakarta ini adalah Bupati Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar), periode 2005-2010.


Ia juga alumni program studi Administrasi Niaga, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UT pada 1992. Sebelum menamatkan gelar sarjana (S1) di UT, ia sempat kuliah pada dua perguruan tinggi swasta di Jakarta. Kendatipun usianya sudah tidak muda lagi, namun bukan halangan bagi pria kelahiran Payakumbuh, 20 April 1947 ini untuk menuntut ilmu. Ia memang dikenal memiliki semangat yang tinggi dalam menuntut ilmu. Ketika pada 2007 program S2 UT belum dibuka di UPBJJ-UT Padang, ia memutuskan untuk mengikuti kuliah S2 UT di UPBJJ-UT Jakarta. Dengan tidak meninggalkan tugas-tugasnya sebagai seorang Bupati, perjalanan pulang dan pergi antara Padang dan Jakarta, kerap dijalaninya dengan senang hati demi untuk mengikuti tutorial UT di Jakarta. Kerja kerasnya itu ternyata membuahkan hasil ketika ia dapat menamatkan Magister Manajemen UT pada 2009.

Sebelum menjadi Bupati Lima Puluh Kota, Sumbar, berbagai profesi telah dijalaninya dalam rangka meniti karirnya. Ayah dari tiga orang ini pernah bekerja sebagai Medical Representatif dan Sales Manager pada perusahaan farmasi di Jakarta, serta sebagai Kepala Cabang PT Trakindo, Banda Aceh. Iapun sempat pula menjadi Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Sumbar, pada periode 2000-2005.

Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumbar, yang ia pimpin, memiliki 13 Kecamatan dan 79 Nagari (kelurahan). Sebagai Bupati dan seorang pendakwah bagi umat muslim di daerahnya, ia tidak henti-hentinya menghimbau staf dan masyarakat di sekitarnya untuk terus menerus menuntut ilmu. Semangatnya yang tinggi untuk terus belajar ia tularkan kepada staf dan orang-orang di sekelilingnya. Aktifitas dakwah yang kerap ia lakukan di beberapa mesjid, juga selalu berisi himbauan untuk terus belajar sepanjang hayat. Atas usahanya itu, saat ini ada 1.400 orang di wilayah kabupaten yang dipimpinnya tercatat sebagai mahasiswa UT. Mereka adalah guru Sekolah Dasar (SD) yang mengikuti Program Pendidikan Dasar (Pendas) pada Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UT, dan staf Pemerintah Daerah (Pemda) yang mengikuti Program Non Pendas UT. Menurut Amri Darwis, sistem belajar jarak jauh yang diterapkan UT, telah memberikan kesempatan kepada siapa saja yang ingin menempuh pendidikan tinggi tanpa harus dibatasi tahun kelulusan ijasah SLTA, usia, dan tempat tinggal.
 
Sebagai alumni UT, penggemar sayur asem, nasi timbel, dan gudeg ini merasakan sekali manfaat kuliah di UT. Sikap kemandirian yang tinggi, rasa percaya diri yang kuat, dan ilmu yang telah dapat diterapkan dalam menjalankan tugasnya sebagai Bupati, adalah sebagian manfaat langsung yang diperolehnya setelah lulus dari UT. Oleh karena itu ia berharap semakin banyak lagi UPBJJ-UT yang dapat menyelenggarakan Program S2 UT. Selain itu kerja sama dengan berbagai instansi di daerah sebaiknya ditingkatkan, sehingga kualitas sumber daya manusia (SDM) di daerah juga dapat meningkat, dan hal ini dapat diwujudkan melalui Universitas Terbuka.


Penulis: Arryta Canty (Humas-UT) dikutip dari http://www.ut.ac.id

Comments
Add New Search
admin  - akses aja web ut   |111.94.172.55 |28-06-11 23:14:11
Ibu silahkan akses http://ut.ac.id
Nini patriona   |125.165.112.88 |28-06-11 18:00:42
assalamu'alaikum ...... bapak tolong info tentang cara dan tempat pendaftaran universitas terbuka ya........
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.20 Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 
Tiga belas Tulisan Terbaru
Jejak Pendapat
Apakah Anggaran Pendidikan dari Pemerintah sudah tepat sasaran?
 
Prestasikita.com | Close (X)
 
2008 Prestasi Kita. Informasi Sekolah dan Pelajar.
PRESTASIKITA Tangerang.